Mbah Diro: Silaturahmi Ke Kasepuhan Cipta Mulya, Disambut Well Kode Dua Jari

    Mbah Diro: Silaturahmi Ke Kasepuhan Cipta Mulya, Disambut Well Kode Dua Jari

    Sukabumi – Kasepuhan Banten Kidul adalah kumpulan kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda yang tinggal di sekitar Gunung Halimun, terutama di wilayah Kabupaten Sukabumi sebelah barat hingga ke Kabupaten Lebak, dan ke utara hingga ke daerah selatan Kabupaten Bogor. Kata “Kasepuhan” (Sd. sepuh, tua) menunjuk pada adat istiadat lama yang masih dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya, sumber wikipedia.

    Hari ini, Kamis 17 Oktober 2024, mantan Kapolsek Cikakak yang akrab disapa Mbah Diro mengunjungi Kasepuhan Cipta Mulya dalam rang menghadiri acara tradisi yaitu ngasek.

    Ngasek Pare atau Ngaseuk Pare atau cukup Ngasek adalah salah satu upacara ritual tahunan yang dilakukan oleh kalangan adat sunda seperti di Kasepuhan Cipta Mulya,

    Syukuran adat atau Ritual yang dilakukan adalah menanam padi yang dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat.

    Budaya atau tradisi Ngasek Pare adalah salah satu warisan nenek moyang Suku Sunda. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga persaudaran dan kerukunan dengan tokoh adat dan sesama masyarakat dari di lingkungan adat.

    “Alhamdulilah, Sambutan Abah Hendrik Kasepuhan Cipta Mulya sangat luar biasa, hangat dan penuh dengan kekeluargaan, sangat luar biasa, ” ucap Mbah Diro.

    Masih kata Bahdiro, tadi malah sampai sana pagi-pagi banget karena berangkat dari Cikakak suabuh.

    “Datang ke Kasepuhan pagi, saya siduru di sana wah mantap pokonya, setelah itu ngopi dan berbincang-bincang, hingga ngbrol soal politik. Wah tersanyata memang satu frekuensi salam dua jari hehe, ” terangnya.

    Bahkan tadi kami berfoto dengan fose dua jari sebagai bentuk dukungan untuk Paslon Nomor 2 Asep Japar Andreas, sambung Bah Diro.

    “Ya kami berfoto, terus fose dua jari, dan tida juga bikin vidio Asep Japar Andreas well, semoga restu dari kasepuhan ini salah satunya adalah mengantarkan kemenangan untuk Asep Japar Andreas, ” harapnya.

    Sebelumnya, menurut Bah Diro dirinya sering melihat Vidio-Vidio Kasepuhan-Kasepan di untuk mendukung nomor 2.

    “Saya sering lihat dan dikirimin vido-vidio kasepuhan dukung nonmor 2, kali ini benar-benar momen yang luar biasa, saya sendiri ikut dalam vidio tersebut bersama Kasepuhan Cipta Mulya, semoga Nomor 2 menjadi pilihan tepat warga Sukabumi, ” ungkap Mbah Diro.

    mbah diro silaturahmi kasepuhan cipta mulya disambut well kode dua jari sukabumi
    Aa Ruslan Sutisna

    Aa Ruslan Sutisna

    Artikel Sebelumnya

    Paslon Nomor 2, H. Andreas: Petani adalah...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Lanud Sultan Hasanuddin Gelar Upacara 17-an Diikuti Seluruh Personel

    Ikuti Kami